Sabtu, 17 November 2012

Kedelai Pedes-Manis Goreng


Sebenernya, udah lama aku pingin nulis note ini. Tapi, karena 1,2,3... hal, akhirnya keinginan itu terus saja tertunda... tapi, karena 1,2,3... hal juga, akhirnya, sekarang bisa terwujud juga. Yah... mo bilang apa lagi...??? karena 1,2,3... hal, kita semua bisa berdiri di tempat kita berpijak sekarang ini, karena 1,2,3... hal, kita terduduk di tempat ini dan karena 1,2,3... hal juga, kita terbaring di sini. Yowis, biar nggak terlalu jauh ngelantur, sekarang kita langsung aja ke panggung utama, tempat cerita ini terjadi...
Frame 1:
Sebelum masuk ke dalam inti cerita, aku pingin ngenalin tokoh utama dalam cerita ini, namanya adalah "Kedelai Pedes-Manis Goreng" tapi karena kepanjangan, aku membuatkan sebuah nama panggilan buatnya, yaitu: "Ela" (dari kata kedelai yang kuhilangin huruf "K","E","D" & "I"nya). Dua setengah bulan yang lalu, adalah temanku "Julius" yang memperkenalkannya padaku (sekarang dia sedang sakit... cepet sembuh, Bro...)... tentu saja dengan senang hati, aku menyambut kedatangan si Ela... penampilannya begitu menggoda... terbungkus plastik transparant ukuran satu kilo... terlihat butir-butir kedelai yang terikat oleh karamel, menempel membentuk satu kesatuan dalam harmoni yang cukup indah... ditambah lagi serpihan-serpihan kulit cabe yang juga ikut berdesakan di dalamnya dan mempercantik penampilan si Ela... seperti layaknya tanda tangan sang seniman di pojok-bawah karyanya... Aku tidak sanggup lagi menahan semua godaan itu, langsung saja kusobek ujung plastik pembungkus si Ela... kutuang si Ela ke atas telapak tanganku... kulemparkan dia langsung ke dalam mulutku yang sudah menganga... perlahan-lahan, kukatupkan kedua bibirku... kuletakkan si Ela di antara kedua gigiku... kemudian dengan kekuatan rahangku, kuremukkan si ela... ku gerakkan lidahku ke kiri - ke kanan... MMMmmm!!!... garing... asin... manis... & pedes... enak banget... selama beberapa saat, aku benar-benar menikmati kebersamaanku dengan si Ela, sebelum akhirnya aku mutusin buat ngikat sobekan yang aku buat di ujung pembungkus si Ela dengan karet gelang dan selanjutnya naruh si Ela di samping TV di dalam kamar kosku.
Frame 2:
Di malam keesokan harinya, aku baru saja pulang dari ritual rutinku... kubuka pintu kamar kosku... terlihat jam weker yang nggak pernah berbunyi yang tergeletak begitu saja di antara tumpukan CD dan buku-buku, di atas meja, di samping TV... sudah jam 9 malam lebih... kulemparkan tas kecil yang dari tadi membebaniku ke atas kasur yang hampir 50% kapuknya telah lenyap entah kemana... kulangkahkan kakiku ke kamar mandi, wudhu dan kemudian Shalat Isya di dalam kamar kosku... setelah selesai, kurebahkan tubuhku, mencoba menikmati empuknya kasur yang sebenarnya lebih pantas disebut karpet... kuraih remote di sampingku... kunyalakan TV 14"... dan... WUIIIIiiihhh... ada film bagus... kata stasiun TV yang nyiarin tu film bilang "baru pertama kali di layar kaca Indonesia"... dengan penuh semangat, ku besarkan volume TiVi dan tak lupa ku ajak si Ela buat nemenin aku nonton... sambil menikmati film, aku terus melemparkan si Ela ke dalam segenggam demi segenggam... dan dengan rakus, aku terus mengunyahnya tanpa henti...nyam,nyam,nyam.... Hhhhh... terima kasih Tuhan... atas malam yang indah ini...
Frame 3:
Waktu sudah menunjukkan jam 10 lebih beberapa menit... aku masih terbaring di atas kasur yang lebih pantas disebut karpet... nonton film yang baru pertama kali di layar kaca Indonesia dengan ditemani si Ela... tapi... tiba-tiba ada sebuah perasaan aneh yang menyergapku... entah mengapa, sekarang si ela terdengar lebih cerewet dari biasanya... merasakan perubahan itu, tentu saja aku langsung menolehkan pandanganku ke arah si Ela... dan ternyata... GAWAT!!!... si Ela tinggal seperempat bungkus!!!... padahal film yang baru pertama kali di layar kaca Indonesia, masih tinggal kira-kira satu jam-an lagi... HADUH!!!... kepanikan yang kurasa, kian menjadi-jadi... semua terasa buntu... seolah-olah sudah nggak ada jalan lagi... WADOO... GiMANA NI...!!!!.... AAARRRggghhhh...HHhh... yowislah... mo gimana lagi??? mang bener... nggak ada yang abadi...  akhirnya aku hanya bisa pasrah... dan.... kuserahkan semuanya ke tangan Tuhan... semangatku melahap si Ela pun, tak lagi seperti 1 jam yang lalu...  kulemparkan dia ke mulutku, sebutir demi sebutir, bukan segenggam demi segenggam seperti tadi...hhhhh.... EH!!!tapi... tunggu dulu... Apa ini???... saat semangatku mulai sirna... lagi-lagi aku merasakan sebuah kejutan... mungkin bener kata orang-orang... ada kalanya kita nemuin jalan, saat kita bener-bener ngerasa berada di sebuah jalan buntu... WIII....!!! ternyata ngelahap si Ela, sebutir demi sebutir... nggak ngurangin kenikmatannya... waaahhh... akhirnya aku memperoleh kerianganku kembali... sekali lagi... terima kasih Tuhan... atas film yang baru pertama kali di layar kaca Indonesia ini... atas kesempatan yang Engkau berikan, so aku bertemu dengan Ela si Kedelai Pedes-Manis Goreng yang telah nemenin aku sampai film habis... terima kasih Tuhan...
....................................................... Fin .............................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar